Senin, 04 Mei 2009

Kapan sebaiknya berinvestasi

Salam

Para Begawan investasi mengataka bahwa waktu terbaik untuk berinvestasi adalah pada waktu perusahaan-perusahaan bagus (yang memiliki sifat Economic Moat ) harga sahamnya berada jauh dibawah nilai wajarnya.

Diperkirakan di BEI perusahaan-persahaan yang memiliki Economic Moat tentunya adalah ketika pada waktu krisis ini index sedang berada pada level terendah sekita bulan Nopember 2008 yang lalu. Pada waktu tersebut MOS adaah sangat ideal. Masalahnya adalah apakah para investor memiliki kemampuan untuk mengetahui bahwa situasi pada waktu itu memang suad merupakan titik terendah kejatuhan.

Investor yang sangat profesional termasuk Warren Buffet banyak yang melakukan pembelian pada waktu tersebut dana ada diataranya yang mengalami bahwa ternyata keadaan masih terus memburuk sehingga muncul atau diulangi kalimat "Warren Buffet pun tidak selamanya benar". Akan tetapi sekeliri-kelirunya mereka, mereka tahu apa yang harus mereka lakukan jika mereka memang keliru .

Saat ini index telah berada jauh diatas keadaan pada waktu sekitar bulan Nopember 2008 yang lalu dan mereka-mereka yang telah mengambil posisi pada waktu tersebut telah merasakan manfaatnya.

Apakah saat ini masih layak untuk mengambil posisi investasi? Ada yang mengatakan bahwa mengambil posisi pada waktu keadaan telah bullish memberikan tingkat keamanan yang lebih baik karena telah pasti bahwa market telah bullish. Dari sini kita dapat melihat dua pendekatan. Pertama, investor yang agresif maka mereka mengambil posisi sekitar akhir tahun lalu karena merasakan bahwa MOS nya tinggi. Kedua, investor yang konservatif mereka mengambil posisi pada saat ini waktu kemungkinan market memang sudah benar-benar bullish dan aman. Disini kita dapat melihat bahwa tingkat toleransi antara satu investor dengan investor lainnya berbeda.

Apapun perbedaannya, yang harus dihindarkan tentunya adalah jangan biarkan kita menjadi si OON. Artinya adalah hindarkan berinvestasi pada waktu harga sudah mencapai tingkat harga dengan premium yang sudah tinggi alias suda terlalu mahal sehingga sama sekali tidak ememiliko MOS malah sebaliknya memiliki risiko yang besar.

Dan saat ini rasanya harga-harga masih memiliki MOS yang wajar meskipun tidak setinggi akhir-akhir tahun lalu dan mudah-mudahan para alumni KDFA telah dapat menghitungnya sendiri.

Happy Investing

ER

Tidak ada komentar: