Jumat, 14 Desember 2012

Pelajaran 10: Kapan membeli dan menjual (Pentingnya Siklus)



Sekilas singkat kita telah mempelajari Analisa Fundamental. yaitu cara-cara menganalisa apakah sebuah saham (perusahaan) bagus atau tidak.

Selanjutnya tidak semua saham bagus wktunya untuk dibeli. Kita dapat melihat ASII misalanya pada resesi 2 tahun yang lalu fundamentalnya cukup bagus mengapa harganya demikin jatuh?

Untuk itu asri kiat belajar sedikit tentang siklus.Kita sebagai manusia hidup dalam siklus. Mulai dari lahir, bayi, balita, remaja, dewasa, tmanula, kakek2, dan akhirnya meninggal dunia. Di siklus mana kita sedang sehat2nya? Tentunya pada waktu masa remaja dan dewasa. Ekonomi juga mengenal siklus. Kita mulai yang palin jelek yaitu resesi, pemulihan, pertumbuhan kemudian mengalami perlambatan dan akhirnya resesi lagi dilanjutkan lagi dengan pemulihan dn begitu selanjutanya yg selalu akan berulang. Meskipun dalam Bahasa Inggris dibawah ini dicantumkan gambar ttg siklus ekonomi

http://www.iaconoresearch.com/BlogImages/08-02-19c_economic_cycles.png



Kemudian juga kita mengenal dengan apa yg dinamakan dengan siklus produk spt gambar dibawah ini:



Index dan harga sahampun mengenal siklus. Kita mulai dengan siklus 1 (fase) yaitu siklus konsolidasi dimana pembeli dan penjual enggan bertransaksi karena menunggu situasi. Selanjutnya mereka-mereka yg lebih cerdik lebih tau duluan bahwa akan terjadi pemulihan dan mulai membeli (akumulasi awal), selanjutnya akumulasi awal ini diikuti oleh yang lain sampai pada waktunya terjadi jenuh beli (akumulasi akhir). dilanjutkan lagi denga konsolidasi dimana pembeli dam penjual enggan bertransaksi akan. Lalu mereka yg melakukan akumulasi awal mulai take profit (distribusi awal) lalu diikuti oleh yanglainnya (distribusi) dan lama kelamaan terjadi mulai jenuh jualm(distribusi akhir) dan dilanjutkan lagi dengan kosolidasi dan begitu seterusnya. Fase akumulasi disebutkna dengan fasu Bullish sedang fase distribusi disebutkan dengan fase Bearish dan diantara keduanya disebut dengan fase konsolidasi.

Mengetahui tentang siklus ini perlu diketahui oleh investor maupun trader. Investor yang cerdik akan sealu mencari saat awal pemulihan sebaliknya investor OON akan terjaebak membeli dia awal resesi. Trader yg cerdik akan membeli diawal akumulasi dan trader OON akan membeli diakhir akumulasi atau diawal distribusi.

Kaitan siklus ekonomi dan siklus pasar saham dapat terlihat pada gambar berikut ini.



Sumber Soeratman

Tidak ada komentar: