Kamis, 29 Januari 2009

Tahu apa yang harus dilakukan

Selamat pagi.

Kemarin ada beberapa posting yang mengatakan pasar sepi dan membosankan. Hal tersebut membuktikan bahwa banyak yang telah ahli menilai keadaan pasar. Akan tetapi letaknya bukan disitu melainkan kita harus mengetahui apa yang harus kita lakukan dalam keadaan pasar yang demikian.

Pasar sepi dapat diterjemahkan bahwa pasar sedang dalam keadaan sideways. Miskin pembeli dan miskin penjual atau miskin transaksi. Lihat saja volumenya yang tidak begitu besar.

Kita melihat dalam hampir dalam dua minggu terakhir IHSG bergerak mendatar dengan volume rendah.

DOW tadi malam ditutup positif dengan naik lebih dari 2% didorong oleh spekulasi rescue perbankan di Amerika. Bisa saja hal ini akan memberikan dampak positif pada pergerakan IHSG hari ini. Walaupun demikain hampir dapat dipastikan bahwa jika ada kenaikan maka sifatnya akan merupakan kenaikan yang sekejap karena "Big Picture" yang kita lihat saat ini adalah gambar Beruang Besar dengan belum ada tanda-tanda si Banteng akan manggung. Oleh karenanya sesuaikanlah taktik dan strategi transaksi dengan situasi yang ada ini dengan kemungkinan juga tidak melaukan transaksi apapun.

Kita harus benar-benar mengetahui apa yang kita lakukan.

ER

Tidak ada komentar: