Selasa, 14 September 2010

Kunci kesuksesan berinvestasi/trading di pasar modal

Anda telah menyampaikan tujuan anda masing2 mengapa bertransaksi di pasar modal. Tujuan tersebut hanya bisa dicapai jika kita berusaha untuk mencapainya.

Saya baca tujuan2 yag disampaikan anda-anda cukup ambisius yg intinya ingin menjadi kaya. Tidak apa2 karena jika ditekuni memang pasar modal memungkinkan kita untuk menjadi kaya raya dan banyak bukti yang telah menunjukannya. Sebut saja Warren Buffert, George Soros, Jesse Lvermore, O'Neil, Santo Vibby dan banyak lagi.

Akan tetapi keuntungan yg besar di pasar modal berbanding lurus dengan risikonya dengan kata lain berusaha di pasar modal memliki sifat "high risk high return". Nah untuk mencapai tujuan anda2 yg sangat ambisius terasebut, secara matematis jika kita ingin tinggi returnnya teantu harus bisa membuat risikonya rendah sehingga kita dapat merubah high risk high return menjadi "LOW RISK HIGH RETURN"

Salah satu usahanya antara lain adalah dengan memiliki ilmu-ilmu yang diperlukan untuk sukses mencapi usaha tersebut.

Ada beberapa kunci untuk sukses berinvestasi di pasar antara lain:

1. Mengetahui cara berinvestasi dengan benar
2. Mengetahu cara-cara memilih saham yang baik terutama untuk investasi denga melakukan analisa fundamental.
3. Saham-saham yg baik belum tentu layak untuk dibeli. Saham dari perusahaan yang baik bisa saja harganya turun. Oleh karena itu disampaing mengetahui cara memilih saham yang aik kita juga harus bisa menentukan kapan waktu yang baik untuk membeli saham tersebut dan kapan merealisasikan keuntungan. Cara melakukannya adalah dengan menggunakan analisa teknikal.
4. Bisa mengelola modal/keuangan secara baik. Cari keuntungan hanya dapat dilaksanakan jika kita memiliki modal. Tidak bisa dengan hanya memiliki modal dengkul. Tentunya kita harius dapat melindungi modal sekaligus melindungi keuntungan yang telah dicapai.
5. Mengatahui cara mengendalikan risiko-risiko yang ada di pasar modal. Pasa sangat penuh dengan ketidak pastian. Kita tidak bisa mendikte pasar. Pasar bergerak mau2nya sendiri diluar kendali kita. Keadaan tersebut haus kita sadari dengan berusaha memiliki ilmu bagaimana cara-cara untuk membuat risiko sekecil mungkin.
6. Selanjutnya kunci keberhasilan di pasar modal akan sangat bergantung bagaimana kita dapat mengendalikan emosi serta memiliki disiplin yang tinggi. Justru hal ini merupakan hal yang paling utama yang harus diketahui oleh para calon investor maupun para calon trader yg akan berusha di pasar modal.
7. Bisa melakukan perencanaan denga baik denga membuat Trading/Investing Plan.

Bersambung........

Sumber
Soeratman

Tidak ada komentar: