Selasa, 14 September 2010

Pelajaran 4. jangan salah pilih

Mengapa ada umat 85% dan umat 15%. Letaknya adalah pada memnentukan pilihan. Yang 85% adalah salah pilih dan yang 15% memilih secara benar.

Ada dua pilihan yg harus dialakukan didalam bertransaksi di pasar modal. Pertama dia harus bisa memilih saham yang berkualitas baik dan yang kedua dia harus bisa memlih timing yang baik waktu melakukan pembaelian atau melakukan penjualan.

Ada harga ada rupa. Hanya saham-saham yang berkualitas yang harganya diharapkan dapat meningkat terus kemudian belum tentu saham yang baik dapat dibeli atau dijual pada waktu seenak kita. Ada waktu-waktu tertentu yang baik untuk membeli dan menjual saham sehingga menghasilkan keuntungan. Saham yg baik bisa saja harganya turun karena fakotor-faktor luar yang tidak dapat dikembalikan.

Saham yang baik sangat erat kaitannya dengan kualitas perusahaannya. Saham yang baik selalu harus datang dari perusahaan yang baik. Menilai satu perusahaan baik atau tidak dilakukan dengan melaksanakan analisa fundamental dengan kriteria-kriteria sebagai berikut:

* Industri/sektor dimana perusahaan berada harus sedang tumbuh.
* Memiliki manajemenan yang baik yang dapat menjamin kinerja operasional mapun keuangan perusahaan berada dalam keadaan baik.
* Perusahannya dapat bersaing dengan perusahaan-perusahaan yang berada disektor maupun industri yang sama.
* Dll

sumber Soeratman

Tidak ada komentar: