Senin, 13 April 2009

Bagaimana pasar hari ini? Start Investing?

Selamat pagi

Ada dua kejadian minggu lalu yang belum di respon oleh pasar yaitu lancarnya peaksanaan pemilu legislatif dan maraknya pasar pada akhir minggu lalu. Jika saja BEI buka pada hari Jum'at yang lalu mungkin saja IHSG akan juga ikut marak ditengah euforia bursa-bursa dunia serta lancarnya pemilu tersebut meskipun hasilnya belum dapat dipastikan apakah diterima pasar atau tidak.

Akan tetapi long weekend bisa membuat pasar lebih rasional karena sempat berfikir lebih tenang sehingga jika IHSG naik hari ini maka kenaikannya benar-benar didasarkan oleh alasan-alasan yang rasional dan bukan oleh sesuatu yang sifatnya reaktif.

Satu yang menarik pada akhir minggu yang lalu bahwa Obama yang biasanya bersikap pesimistik tentang keadaan ekonomi, mulai mengatakan bahwa titik-titik terang pemulihan ekonomi mulai nampak.

Secara teknikal nampak sekali bahwa memang menandakan adanya recovery terutama IHSG yang jika dibandingkan dengan DOW memperlihatkan kondisi "uptrend" yang lebih kuat. Tanda-tanda recovery ini telah terlihat dimana pada weekly chart MA pendek telah menembus MA menengah.

Recovery artinya adalah waktunya bagi para investor berkiprah. Bagi yang agresif dan masuk sebulan yang lalu tentunya telah mulai merasakan bahwa portfolionya tumbuh karena IHSG tumbuh sekitar 12% selama sebulan terakhir ini. Kita dapat melihat bagaimana beberapa Reksadana juga telah tumbuh (lihat pertumbuhannya di www.infovesta.com).

Dari pengamatan dapat terlihat bahwa recovery didorong oleh para index mover yang notabene semuanya adalah saham-saham bluechip yang menandakan bahwa saham-saham bluechiplah yang selalu harus diperhatikan jika maksudnya melakukan investasi.

Meskipun IHSG telah naik 12% selama sebulan terakhir ini, rasanya mash belum terlambat untuk masuk. Jangan sampai masuk jika IHSG atau saham-sahamnya telah naik terlalu tinggi karena hal demikian mengarahkan kita untuk menjadi si Oon. Bagi mereka-mereka yang bimbang karena takut turun lagi, bukankah ilmunya untuk mengatasi kebimbangan ini ada? Kebimbangan dapat dihilangkan jika kita tahu apa yang kita perbuat.

Happy start investing. Jangan asal comot dalam membuat portfolionya.

Bagi trader EGP karena trader bisa "bermain" kapan saja dia mau dan tidak peduli pada kondisi pasar yang bagaimana selam ilmunya dikuasai.

ER

Tidak ada komentar: