Kamis, 30 April 2009

IHSG dan DOW dari segi Teknikal

Selamat pagi

Berikut ini fakta (trade what we see not what we or the pundits think) pasar yang kita lihat secara teknikal:

* IHSG sedang berjuang untuk menjauh dari MA200. Setelah sempat menembus MA200, IHSG beberapa hari melakukan pullbackt erlebih dahulu kebawah MA200 dan kemarin kembali keatas MA200. Para investor harus segera mencermati. Jangan menunggu sampai harga tambah menjauh keatas dari MA200.
* Setelah 5 hari berurut-turut turun yang diakhiri dengan bermunculannya pola candlesticks bottom reversal IHSG akhirnya rebound. Bukti pendekatan KISS antara adanya hukum aksi-reaksi dikombinasikan dengan candlesticks. It works very well dan pantas dipergunakan oleh para trader. Dan sangat sederhana. Meskipun sederhana belum tentu berhasil karena ada yang sangat kompleks yang menjadi musuh utama yaitu emosi dan ketidak disiplinan.
* Coba buka charts DOW di default MA nya Amibroker. Ada Super Golden Cross antara price line dengan MA45 dan MA100. Sebagai refleksi dari pernyataan The Fed bahwa laju resesi mulai mengendor meskipun pertumuhan ekonomi Amerika masih mengalami kontraksi pada triuwlan pertama tahun 2009 ini. DOW masih tertahan keras oleh adanya resistance di 8185.73. Kalau resistance ini berhasil ditembus maka diharapkan akan adanya rally lanjutan.
* Semuanya menujukan bahwa tanda-tanda Bullish telah ada meskipun masih tetap akan tertahan oleh adanya beberapa isu antara lain isu global flu babi dan isu lokal dagang sapi Cawapres.

Dalam jangka pendek pasar modal sangat fluktuatif dan menjadi makanan para trader. Dalam jangkan panjang kinerja pasar modal selalu memiliki kecenderungan naik dan ini menjadi makanan investor. Untuk mengetahui apa yang seharusnya diketahui dan dilakukan oleh investor dan trader. ikuti saja KDFA pada tanggal 02 Mei 2009 atau KDT tanggal 16 Mei 2009.

ER

Tidak ada komentar: