Rabu, 29 April 2009

KISS for Trader

Selamat pagi

Keep It Simple Sir. Buat pendekatan yang sederhana-sedehana saja. Memantau 5 saham jauh lebih sederhana dari memantau 5o saham. Cukup menggunakan mata dan otak kita.

Candlestick, Sochastic, Moving Average dan Volume apalagi naiknya sudah 4 sampai 5 hari atau sebaliknya membuat kita bersiap-siap untuk melakukan keputusan secara benar.

Bullish let profit run dan Bearish hit and run merupakan pantun lagu yang harus kita dendangkan.

Selanjutnya bagaimana melakukan sesuatu yang paling sukar dalam trading yaitu bagaimana cara mengendalikan diri dan emosi. Bagaimana kita melakukan sesuatu secara disiplin.

Berapa modal kita akan sangat menentukan tingkah laku trading kita. Selain dari pada itu Trading dengan modal dengkul tidak mungkin dilakukan oleh karenanya modal harus selalu dilindungi.

Semua hal yang tersebut diatas akan dibahas dalam Kursus Dasar Trading tanggal 16 Mei 2009.

Seperti telah disampaikan dalam ulasan kemarin,dengan melakukan pendekatan yang sederhana (KISS), setelah selama 5 hari berturut-turut maka kita berfikiran saatnya berfikir bahwa kemungkina besar pembalikan terjadi. Dan itu memang terjadi dengan munculnya beberapa saham yang memiliki formasi Candlestiks Bottom Reversal (apapun namanya) , Stochasticks Oversold condition dengan MA 20 sebagai support.

Walaupun banyak sinyal Bottom Reversal telah muncul untuk para trader, nampaknya Alert Level masih tinggi. Kemarin Regional dan Eropa hampir semuanya merah demikian pula tadi pagi meskipun tipis DOW ditutup merah. Dan semuanya membuat babi menjadi kambing ( mengkambing-hitamkan babi).

ER

Tidak ada komentar: