Rabu, 18 Maret 2009

Belilah asuransi

Selamat pagi



Belajar dari chart DOW kemarin. Seharinya sebelumnya candlesticks menujukan tanda jual yang kuat. Berdasarkan tanda tresebut tentunya melakukan penjualan adalah benar, Aakan tetapi ternyata pagi tadi menujukan bahwa tanda tersebut gagal dan DOW melakukan rallynya kembali. Ada suatu cara untuk mengambil manfaat dari keadan semaca ini denganmembeli semacam “asuransi” yaitu mengorbankan sebagian kecil dari keuntungan yang akan dicapai untuk membayar semacam premi asuransi untuk mengejar “let profit run”. Caranya banyak yang pada dasarnya adalah menunggu konfirmasi bahwa memang benar-benar apakah tanda jual atau tanda beli akan menjadi.

IHSG kemarin trurun ditengah sebagian regional yang lain. Akan tetapi gerakan jangk apendeknya masih tetap menujukan gerakan sideways. Jika mau mencari dimana support dan resistance hariannya pakai saja rumus-rumus pivot point. Para analispun memakai rumus tersebut untuk menayampaikan ulasa-ulasan mereka baik di media cetak meupun di media elektronik dan kitapun jika telah belajar serta berpengalaman pasti dapat melakukannya. Support resistance didalam jangka yang lebih panjang bisa dicari dengan cara-cara lain seperti menggunakan Fibonacci, tarik menarik garis dan sebagainya yang semuanya telah dipelajari di pelatihan-pelatihan analisa teknikal dan bisa juga dicari di situs-situs pelajaran analisa teknikal seperti www.increadiblecharts.com . Didalam situs tersebut seluruh pelajaran tentang trading disampaikan secara lengkap sekali mulai dari chart study yang mempelajari pergerakan harga maupun pergerakan volume, indicators, oscillators, money management, risk management maupun psychology trading. Usahakan membuka setiap minggu satu jam.

Terlepas dari IHSG sedang sideways kemarin banyak saham yang tanda-tanda sebelumnya menunjukan tanda jual konfirmasinya menujukan memang bahwa kemarin saham-saham tersebut layak dijual seperti ASII misalnya. Charts kemarinpun masih banyak yang menunjukan akan melanjutkan tanda-tanda jualnya dan belum menujukan tanda beli. Walaupun demikian kenaikan DOW tadi pagi dapat saja membalikan tanda-tanda tersebut. Dalam keadaan semacam inilah “pengalaman”seorang trader sangat diperlukan meskipun dia benar-benar telah menguasai TA. TA hanyalah alat bantu dan bukan segalanya. Tanda kuat yang diberikan oleh TA dapat sberubah karena adanya pengaruh dari factor luar.

Satu yang menarik dari pengamatan yang dilakukan akhir-akhir ini bahwa meskipun secara jangka panjang seluruh index dunia selalu bergerak searah dengan DOW sebagai induknya akan tetapi dalam jangka pendek gerakan-gerakan yang sifatnya anomaly dari buras-bursa lainnya mulai sering terjadi.

Akhir kata saat ini “trading still the name of the game” dan mari kita amati secara cermat gerakan DOW selanjutnya berdasarkan gerakan yang menarik yang terjadi padanya selama seminggu terakhir ini. Cara ini adalah cara untuk menghindari diri dari hiruk pikuknya berita dan ruomors karena “charts discount everything” .

Happy trading



ER

Tidak ada komentar: