Senin, 02 Maret 2009

Membentuk pertahana

Selamat pagi

Bagi yang seangkatan ER mungkin masih ingat bagaimana waktu kesebelasan Italia menjadi juara dunia. Taktik dan strategi apa yang dipakai oleh kesebelasan Italia pada waktu itu sehingga dapat mencapai gelar? Taktiknya dalah taktik yang dikenal dengan taktik pertahanan gerendel dengan membentuk pertahanan berlapis atau sepakbola bertahan dan sewaktu waktu melakukan serangan balasan dengan cepat. Dan berhasil.

Banyak kesebelasan yang dengan indahnya melakukan taktik pola menyerang tanpa memperhitungkan pertahanan yang akhirnya mudah kebobolan. Demikian juga didalam trading. Jika kita hanya mencari jalan untuk memdapatan keuntungan terus tanpa memikirkan untuk melindungi modal, maka kita akan dengan mudah kebobolan. Apalagi kalau cara menyerangnya juga ngawur tidak memakai ilmu. Keuntungan hanya dapat dicapai jika kita selalu memiliki modal untuk memperolehnya. Oleh karenanya modal harus selalu dilindungi dan bagi mereka-mereka yang ingin tetap berusaha salah satu cara untuk melindinginya adalah dengan menerapkan stop loss.

Pada masa saat dimana pasar sedang sangat bearish, mungkin perlindungan yang paling ampuh adalah sementara "stay away" dari market terlebih dahulu dan waktu yang luang kita gunakan untuk mempelajari dan membuka-buka kembali lembaran pengalaman trading kita dengan mencari dimana keberhasilan kita serta menyempurnakan cara-cara untuk memperlehnya dan yang lebih penting lagi adalah mempelajari kesalahan kita dan menemukan bagaimana cara-cara untuk memperbaikinya.

ER

Tidak ada komentar: