Minggu, 01 Maret 2009

Ulasan akhir minggu 28 Februari 2009 - Kita harus tahu

Selamat pagi

Dalam minggu ini IHSG mulai melanjutkan lagi gerakan bearishnya setelah beberapa minggu sebelumnya bergerak tanpa arah alias sideways. DOW akhir minggu ini telah menembus kebawah titik terendahnya selama 10 tahun terakhir ini.

Diadalam ilmu investasi di pasar modal kita mengenal dengan pendekatan yang dinamakan dengan "Top Down Approach" yaitu sebelum berinvestasi kita harus mengetahui terlebih dahul bagaimana keadaan makro terutama makro ekonomi, kemudian turun untuk menilay keadaan industri turun lagi dengan menilai keadaan sektor dan yang terakhir kita mencari saham-saham unggulan yang berada didalamnya. JIka kita mengikuti pendekatan ini tentunya kita sebagai investor harus mengetahui apa yang harus kita lakukan tanpa harus melakukan urutan-urutan pendekatan "Top Down Approach" tersebut karena hulunya yaitu keadaan makro sedang dalam keadaan krisis, maka sebaiknya kita tidak melakukan investasi di pasar modal.

Sebaliknya trader selalu memiliki kesempatan dalam setiap kondisi pasar. Akan tetapi traderpun harus mengetahui apa yang dia lakukan. Sangat bebeda melakukan trading didalam masa buliish dibandingkan dengan masa sideways maupun bearish. Trading didalam masa bearish jauh lebih berisiko dibandingkan dengan trading pada waktu bullish dan hanya diperuntukan bagi mereka-mereka yang telah sangat mengetahui ilmu-ilmunya.

Saat ini IHSG dan DOW sedang bearish dan nampaknya masih akan berlangsung lama. Dalam keadaan ini seharusnyalah kita mengetahui apa yang boleh kita lakukan dan tidak boleh kita lakukan karena dengan mengetahuinya maka kita akan terhindar dari risiko yang kita tidak inginkan.

Saran

* Investor bersabar. Tunggu benar-benar waktu terbaik. Tunggu harga obral lebih rendah lagi. Pilih instrumen investasi lain dulu yang risikonya minimal sepert sukuk misalnya.
* Trader hati-hati. Trading didalam masa bearish jauh lebih berbahaya dari pada waktu bullish seperti berbahayanya melakukan "short selling" kecuali ngeshort saham sendiri.

Have a nice weekend

Tidak ada komentar: