Jumat, 20 Maret 2009

Siapa yang menentukan?

Selamat pagi.

Yang menarik tadi malam adalah harga minyak menembus angka USD50/barel. Silahkan antsipasi dampaknya di bursa.

Lalu apapun alasannya turunnya DOW pastilah karena banyak yang profit taking setelah 7 hari berturut-turut naik. Berita-berita hanyalah untuk menyatakan pembenaran terhadap profit taking. UUD (Ujung-ujungnya duit) atau UUC (Ujung-ujung nya cuan) yang dicari siapapun inestor atau tradernya.

Ulasan-ulasn seperti ulasan pagi ini, berita-berita, rekomendasi-rekomendasi ataupun rumor-rumor hanyalah kembang-kembang untuk membantu kita mengambil keputusan. Keputusannya sendiri adalah hasil akhir dari kita meramu apa yang kita terima ditambah dengan alat-alat bantu yang kita miliki baik TA maupun FA. Alhasil akhir-akhirnya kita yang menentukan dengan segala konsekwensinya baik benar maupun salah.

Ada yang bertanya mengapa PTBA turun lalu ada yang menjawab mungkin karena PLN saat ini sedang mengurangi penggunaan batubara. Keputusan PLN logis saja karena bahan bakar minyak saat ini sedang murah. Akan tetapi banyak lagi sebab-sebab dibalik itu yang diakibatkan oleh tindakan-tindakan para market participant. Sementara itu ASII naik karena memang penjualan Februari naik cukup siginifikan. Cup and Handle pattern menunjukan ASII bisa saja masih naik lagi akan tetapi yang beli diharga bawah karena naiknya sudah cukup tinggi bisa saja melakukan profit taking. Tergantung mana yang lebih kuat apakah banteng atau beruang. Mau let profit run jangan lupa pakai ilmunya.

Secara visual IHSG masih sideways meskipun kemarin naik tajam. Sesuaikan trading style dengan situasi sideways tersebut.

Happy trading dan ingat hari ini adalah hari Jumat.

ER

Tidak ada komentar: