Selasa, 07 Oktober 2008

Selamat pagi.: Ketahuilah apa itu pasar modal

· High Risk High Return. Tapi Risk dapat diminimalkan. Contohnya resiko dalam saat seperti saat ini dapat dihindarkan dengan keluar dulu. Atau kalu toch tetap ingin masuk siapkan alat-alat pengamannya.

· Pasar bergerak dalam siklus. Roda berputar. Ada waktunya diatas ada waktunya dibawah. Sekarang ini sedang berada atau sedang menuju tempatnya di paling bawah. Pada suatu waktu nanti dia akan keatas lagi. Sabar. Buffet jadi kaya raya dimulai dengan perjuangan sejak dia berumur 11 tahun .

· Harga begerak keatas secara perlahan tetapi harga dengan cepat dapat terjun bebas.

· Pasar modal memerlukan strategi berbeda untuk setiap kondisi yang berbeda. Strategi investor berbeda debfab strategi trader meskipun keduanya berusaha ditempat yang sama yaitu di pasar modal

· Bertransaksi dipasar modal memerlukan disiplin dan kesabaran dan dapat menghindarkan sifat-sifat yang negative seperti halnya emosional atau suka menyalahkan orang lain.

· Penuh dengan ketidak pastian. Kemampuan mengelola ketidak pastian sangat diperlukan.


Keberhasilan berusaha di pasar modal hanay dapat dicapai dengan menguasai cara-cara berinvestasi dengan benar. Kuasailah ilmu-ilmunya termasuk ilmu melarikan diri atau ngacir dari resiko. Mengetahui ilmu “NGACIR” adalah sangat penting.

Anggota milis ini banyak yang masih sangat muda. Berbahagilah mereka karena telah mengalami pasar bearish seperti saat ini. Sehingga kemampuannya dapat ditempa oleh pengalaman-pengalaman pada saat market sedang bearish berat. Masa depan bagi mereka akan sangat cerah. Ingat pasar bergerak menurut siklus. Sesudah gelap akan terbit terang.

Tadi pagi DOW ditutup menembus level psikologis 10.000. Pertama kali dalam 4 tahu terakhir ini. Kemarin IHSG turun 10% dan kemungkinan masih akan turun lagi.

Kemarin SBY, Sri Mulyani dan Marie P mengeluarkan pernyataan yang nadanya mengatakan Indonesia adalah “AMAN” tapi tetap harus dihadapi dengan kehatia-hatian. Mudah-mudahan memang demikian meskipun pernyataan itu dibantah oleh Christianto Wibisono. Bijak-bijaklah menyikapi pernyataa-pernyataan tersebut. Yang jelas IHSG anjlok dan kita mengenal IHSG discount everything, jadi artinya ada sesuatu yang tidak aman.


Cuaca sedang buruk-buruknya. Mari kita tunda penerbangan-penerbangan kita dan bersabar sampai dengan cuaca membaik lagi untuk melanjutkan penerbangan kita.


ER – From J-Club Desk

Tidak ada komentar: