Senin, 06 Oktober 2008

Selamat pagi

Gelontoran dana talangan USD700 milayr telah lolos dari DPR. Bemacam-macam sikap telah timbul. Sikap optimis, pesimis maupun EGP (skeptis)

13 Menteri kemarin berkumpul untuk mengantisipasi dampak krisis keuangan di Amerika. Mengapa baru berkumpul sekarang ya? Seharusnya mereka kan telah berkumpul jauh sebelumnya? Ah, mengapa harus kumpul, fundamental kita kan kuat. Itulah kata mereka semenetara mereka tidak melihat bahwa IHSG terus melorot. Price discount everything yang artinya turunnya IHSG menandakan bahwa sesuatu sebenarnya telah terjadi. Harus diingat bahwa IHSG (pasar modal) merupakan salah satu cerminan keadaan ekonomi. Lihat saja banyak perusahaan yang menunda IPO nya. Apa artinya? Harapan dapat mengumpulkan dan untuk pengembangan perusahaan akan juga tertunda.

Yang menarik lagi MetroTv mengutip komentasr Ketua BAPEPAM-LK yang mengatakan bahwa pasar di Indonesia nampaknya sudah mulai stabil. That is what he think but he sees nothing. Terlalu dini untuk mengatakan demikian.

Lalu apa yang kita akan perbuat? Ikuti saja gerakan harga atau IHSG. Yang jelas pasti masing-masing dari kita akan menyikapinya dengn berbeda sesuai interpretasi kita masih-masih terhadap apa yang telah kita lihat. Yang menganggap harga sudah sangat murah tentunya memborong sebaliknya ada dari kita yang menunggu karena melihat kemungkinan harga akan turun lagi atau menunggu keadaan pasar menjadi lebih stabil. Semuanya tidak salah selama keduanya dibarengi dengan tindakan berjaga-jaga jika misalnya pasar bergerak tidak sesuai dengan keinginan. Tentunya tindakan ini didasarkan kepada style yang diambil apakah sebagi investor, momentum trader atau extreme trader.

Dengan kata lain always fasten your seat belt karena pasar masih akan sangat berfluktuatif.

Bagi yang ingin nge short meskipun dalam bulan Oktober ini Erry melarang, tentunya bagi yang sahamnya nyangkut ada kesempatan untuk ngeshort saham sendiri.

Walaupun demikian, pasar modal tetap merupakan tempat untuk mencari peluang usaha yang sangat menjanjikan selama kita mengetahui cara-caranya apakah dalam kedaan bullish, bearish maupun sideways.

ER - From J-Club Desk

Tidak ada komentar: