Sabtu, 18 Oktober 2008

Ulasan ahir minggu 18 Oktober 2008

Selamat pagi.

Selama seminggu ini index global dan IHSG bergerak sangat binal. Gerakannya hanya dapat disejajarkan dengan Rodeo Ride atau Roller Coaster atau extreme games lainnya. Layaknya extreme games, maka hanya diperuntukan bagi mereka-mereka yang bermental dan berjantung kuat serta memiliki ilmu cara-cara bermain extreme games disertai latihan-latihan yang sangat intensif dengan disiplin yang tinggi.

Lihat saja terutama intraday trading range nya. Sangat lebar dan sangat fluktuatif. Akan tetapi banyak yang menikmatinya dengan berhasil membuat multiple gain. SV pernah bilang"ER, gw berhasil nyopet beberapa kali hari ini" dan ER juga merasa pasti dia juga mungkin pernah kecopetan hahaha. ER kemarin kecopetan setelah sehari sebelumnya berhasil nyopet. Ngaku aja dech. Yang penting bikin saja si pencopetmya kecewa karena dia hanya berhasil nyopet uang recehan.

Membahas penyebab fluktuasi pasti sudah bayak yang tidak mau mendengarkan karena alasannya hanya itu-itu saja. Lebih baik dalami cara-cara bermain extreme games dengan meningkatkan keterampilan teknikal serta pengendalian emosi dan disiplin trading jika tetap ingin tetap dapat memanfaatkan kondisi pasar seperti yang terjadi pada saat ini

Mudah-mudahan awal-awal minggu belum banyak BUMN yang melakukan buy back karena nampaknya melakukan hal tersebut waktunya masih belum aman. Bayangkan saja jika ada yang telah melakukannya awal-awal minggu ini karena ternyata akhir minggu kita melihat harga turun cukup tajam. Melakukan buy back memang usaha yang baik akan tetapi jangan asal-asalan dalam melakukannya. Harus tetap memperhitungakan "waktu yang relative aman" Kapan waktunya yang relative aman? Tanda-tanda teknikal dapat menunjukannya. Harapan kita ada salah seorang staff BUMN yang memiliki ilmu TA ini dan memberikan saran kepada pimpinannya kapan sebaiknya membeli dalam waktu yang relative aman dan jika mungkin membeliny diharga obral lalu usahakan kinerja perusahannnya bagus terus sehingga harga saham yang dibeli dengan harga obral tersebut pada waktunya nanti akan naik terus karena diminati atau diburu para investor.

Dari analisa-analisa yang kita ikuti, belum ada satu analis pun yang berani mengatakan pasar akan berbalik arah. Semua analis masih berkutet dengan menilai apakah saat ini pasar sedang membentuk dasar (base atau bottom) ataukah masih akan turun lagi. Apa artinya ini? Artinya belum masanya para investor untuk melakukan pembelian.

Untuk saat ini ingat selalu yang berikut ini:

* CASH IS THE KING
* The name of the game is still TRADING
* Untung sedikit tidaka akan membikin kita bangkrut. Membiarkan sudah mendapat untung menjadi buntung, itulah yang membuat kita bangkrut.

Selamat berakhir minggu

ER - From J-Club Desk

Tidak ada komentar: