Jumat, 10 Oktober 2008

uy back dengan Rp 4 T. Apakah artinya?

Selamat pagi

Buy-back dengan Rp 4 T? Apakah artinya? USD700 M dan berpuluh-uluh milyar dollar telah digelontorkan oleh Bank-bank Sentral di dunia lalu apa hasilnya? Apakah hasilnya ritual rame-rame potong bunga? Semuanya tidak bisa menahan index global dari kemerosotan. Apakah bendung sana bendung sini bisa mengatasi banjir-banjir bandang yang melanda? Reboisasilah yang bisa menghentingkan banjir bandang yang disebabkan oleh penggundulan hutan. Hutan finansial selama ini rupanya telah mengalami penggundulan besar-besaran sehingga menimbulkan banjir bandang demi banjir bandang. Dan hanya reboisasi yang dapat mengatasinya. Berapa lama pohon-pohon akan tumbuh lagi? Tentunya tidak dalam waktu yang singkat.

Buy back? ER mengatakan kemarin dalam saat ini melaksanakan hal tersebut hanyalah akan seperti melempar garam kelaut. Sama dengan akan menangkap pedang panjang yang sangat tajam yang sedang jatuh. Para petinggi BUMN harus benar-benar mengkaji sebelum melksanakannya. Bukankah lebih baik dananya digunakan untuk meningkatkan kinerja perusahaan? Harus diingat bahwa perusahaan yang kinerjanya bagus dan sahamnya sedang rendah-rendahnya akan banyak diminati oleh para investor. Biarkanlah pasar yang menaikan harganya kembali. Sabar saja.

Suspensi akan dihentikan hari ini. Ada yang pro dan ada yang kontra. Ada yang mengatakan biarlah pasar yang menentukan dengan harapan dapat melakukan pembelian pada harga yang sangat-sangat rendah. Sebaliknya ada juga yang mengatakan apakah otoritas akan membiarkan para nyangkuters tenggelam lebih dalam lagi?

Eropa dalam pembukaan kemarin setelah upacara ritual potong bunga sempat naik tapi anjlok pada waktu penutupan. DOW jatuh kebawah 9000. Perdagangan di BEI akan dibuka kembali. Mari kita lihat regional dipagi hari ini yang dibuka duluan dan mari kital lihat juga apa yang akan terjadi kepada IHSG. Mau memprediksi kemana arah gerakannya? Mungkin lebih banyak ke selatan.

Saat ini kiranya menjadi penonton yang baik akan merupakan pilihan yang bijaksana dengan tidak lupa menyelamatkan modal yang masih ada.

Bagi yang nyangkut telah terlalu dalam rasanya tiada lain adalah lebih baik membiarkanya dan menyimpannya untuk jangka panjang . Setidak-tidaknya masih ada harapan untuk memperoleh devidennya selama yang dibeli adalah perusahaan-perusahaan yang bagus.

ER- From J-Club Desk

Tidak ada komentar: