Selasa, 21 Oktober 2008

Peluang selalu terbuka



Selamat pagi

Apapun alasannya, kenyataan IHSG kemarin dan DOW pagi tadi naik. Apakah artinya?Artinya adalah bahwa pasar modal tetap memberikan peluang meskipun masih dalam keadaan pasar yang sedang bearish. Hanya tentu saja beda mencari peluang didalam keadaan pasr yang sedang bullish dan keadaan pasar yang sedang bearish. Mengetahui sifat-sifat bullish dan bearish sangat diperlukan sehingga resiko-resiko dari keduanya menjadi minimal.

Seorang yang telah menguasi cara-cara bertransaksi di pasar modal atau seorang profesional dapat saja mengubah keadaan yang bearish memberikan peluang akan tetapi sebaliknya dalam keadaan bullish seseorang dapat menderita kerugian karena kadang-kadang melihat menariknya kolam renang mereka terjun kedalamnya tanpa belar berenang.

Kita baru saja kedatangan beberapa member milis yang mengaku pendatang baru dan ingin mencari peluang di pasar modal. Untuk mereka-mereka ini sangat disarankan jangan sekali-kali bertransaksi sebelum benar-benar menguasai cara-cara serta ilmu-ilmunya. Banyak pahlawan yang mencoba menawarkan jasa baik nya kepada anda tentang saham-saham yang layak dibeli. Walaupun misalnya mereka memberikan iformasi yang benar dan tepat maka apa yang mereka beritahukan tersebut hanyalah baru sepersekian dari apa yang harus anda kuasai. Ada bagian-bagian lain yang anda harus ketahui diantaranya adalah kapan untuk menjualnya. Harus diingat bahwa keuntungan hanya dapat diperoleh jika kita telah menjual saham kita. Oleh karenanya untuk berhasil melakukan usaha di pasar modal, maka bersama ini disampaikan kembali hal-hal apa saja yang harus diketahui yaitu:

* Mengetahui cara-cara berinvestasi dengan benar.
* Dapat membedakan saham-saham yang layak dibeli dan tidak layang dibeli melalui pendekatan atau analisa fundamental
* Mengetahui kapan waktu terbaik untuk membeli dan kapan waktu terbaik untuk menjualnya kembali dengan menggunakan pendekatan atau analisa teknikal.
* Mengetahui resiko-resiko bertransaksi di pasar modal dan mengetahui cara menghindarkan resiko tersebut.
* Mengetahui cara melindungi uang anda yang merupakan modal utama dalam bertransaksi di pasar modal.
* Belajar mengendalikan emosi sebagai musuh besar utama serta mengetahui caranya memiliki disiplin yang ketat dalam bertransaksi di pasar modal.

Selanjutnya berikut ini adalah informasi-informasi yang patut diketahui untuk bertransaksi hari ini: Index di pasar-pasar Asia dan Eropa kemarin naik didorong oleh optimisme pasar yang melihat usaha-usaha pemerintah masing-masing yang terusa mencoba mengatasi krisis finansial yang sedang berlangsung saat ini, demikian juga DOW naik karena market mulai memiliki harapan akan adanya pemulihan selain didorong oleh beberapa leading indikator ekonomi yang membaik didorong juga tertutama oleh kaenaikan sektor-sektor energi. Harga minyak dan harga emas naik, sedangkam harga nikel dan timah dunia mengalami penurunan. Di bank-bank-dolar pagi ini diperdagangkan Rp 9950 bali dan Rp9650 jual. Index reginal pagi ini dibuka cukup marak karena sentimen penutupan DOW pagi hari tadi.

Tetap waspada bahwa secara "Big Picture" pasar masih bearish dan ingatlah selalu sifat-sifat bearish. Demikan pula taktik dan strateginya yang jauh berbeda dari pasar bullish.

ER - From J-Club Desk

Tidak ada komentar: