Jumat, 27 Februari 2009

Badai belum berlalu.

Selamat pagi.

Pada minggu ini secara teknikal menunjukan bahwa IHSG melanjutkan trend bearishnya setelah beberapa minggu sebelumnya beristirahat debfab bergerak sideways. Keadaan ini harus disikapi trader dengan lebih hati-hati jika tetap ingin mencari peluang keuntungan dengan benar-benar memperhatikan strategi dan taktik trading pada waktu bearish.

Pasar -pasar dunia masih belum menunjukan tanda-tanda membaik. Kecenderungan bearish masih terus berlanjut. Tadi pag DOW ditutup dalam teritori negatif setalah pada separuh hari pertama sempat bergerak dalam teritori positif.

Kedua kondisi yang terjadi kemarin dan tadi pagi baik terhadap IHSG dan DOW, rasanya akan sangat sukar bagi pasar di Indonesia untuk bergerak naik apalagi biasanya pada hari Jumat minat trader untuk membeli agak menurun dibandingkan dengan hari-hari lainnya. Akan tetapi namanya pasar, bisa saja dia bergerak terbalik dari apa yang kita perkirakan. Oleh karenanya para trader selalu dituntut untuk sigap menghadapi gerakan-gerakan pasar yang ada dengan menyisihkan waktu yang lebih banyak untuk memonitor pasar.

Badai belum berlalu dan nampaknya baik Mas Bud maupun mBak Sri sadar benar akan keadaan ini. Mudah-mudahan pemerintah dan kedua beliau ini selalu berusaha untuk mengeluarkan kebijkan-kebijakan untuk tidak mendorong Indonesia ikut jatuh lebih dalam kejurang krisis ekonomi dunia yang sedang berlangsung saat ini.

ER

Tidak ada komentar: