Selasa, 30 September 2008

Hari Kemenangan menyelamatkan

Selamat pagi

Dihari terakhir bulan puasa ini terjadi sejarah yang belum pernah ada sebelumnya. DOW turun 777 poin. Menurut Yahoo inilah penurunan sehari terbesar sepanjang sejarah.

Pasar bukan lagi khawatir malah telah mengarah kepada kepanikan. Lalu perkiraan kita bahwa krisis semua belum muncul kepermukaan ternyata terbukti. Pemerintah Belanda dan Belgia mengadakan USD16 milyar penyelamatan untuk mengeluarkan Fortis dari krisi likwiditas jangka pendeknya. Dan kemungkinan besar krisis demi krisis yang selam ini tersembunyi terus akan bermunculan. Selru Dunia "on alert". Bagaimana Indonesia? Dengan gagah perkasa para otoritas disini mengatakan "tenaaaang, fundamental kita cukup kuat. Kita tidak akan terpengaruh?" Apakah benar demikian? Apakah tidak ada juga sesuatu yang belum muncul ke permukaan? Mudah-mudahan memang fundamental kita kuat dan tidak ada krisis tersembunyi sehingga tidak terjadi "tenang tapi menghanyutkan atau menenggelamkan". Akan tetapi kita tentu saja boleh khawatir. Pengangguran yang terus meningkat adalah menandakan bahwa sesuatu yang tidak enak terjadi di negara ini.

Alhamdulillah. Liburan panjang Hari Kemenangan sementara ini dapat menyelamatkan pasar Indonesia dari pengaruh dahsyat penurunan DOW. Demikian juga milis ini telah memperingatkan bahwa libur 4 hari adalah terlalu panjang untuk dibiarkan dengan tidak memperhatikan kejadian-kejadian yang akan muncul selama 4 hari tersebut dan telah menyarankan kepada para anggotanya untuk menyelamatkan modalnya dengan GO CASH.

Nampaknya perjalanan krisis masih akan jauh. Bersiap-siaplah.

ER - From J-ClubDesk

Tidak ada komentar: