Rabu, 20 Agustus 2008

Selamat pagi - Perjalanan masih jauh.

Selamat pagi

Perjalanan masih jauh. Itulah yang dapat diungkapkan pagi ini. IHSG kemarin turun tajam. Selanjutanya DOW pagi tadi kembali turun cukup banyak. Pengamat Harvard University mengatakan bahwa kemelut perbankan masih jauh dari selesai. Kekhawatiran akan inflasi masih terus menghantui yang menandakan pasar masih bertanya-tanya kapan sebenarnya krisis akan selesai.

Sementara itu harga minyak naik kembali di kisaran USD114/barel setelah sebelumnya sempat menyentuh USD111/barel.

Instrumen investasi tidak hanya di saham. Kita masih mengenal tabungan, deposito maupun obligasi. Pada saat bearish berat seperti saat ini cukup bijaksana kita untuk mengadakan switching sementara kepada instrument-instrumen yang lebih aman meskipun hasilnya lebih kecil. Akan tetapi bukankah lebih baik dibandingkan dengan membiarkan saham nyangkut atau melakukan cut loss?

Bagi yang tetap ingin memanfaatkan pasar modal dimasa bearish berat ini, disarankan untuk memperhatikan apa yang disebutkan dengan “disiplin trading”. Hanya dengan disiplin yang ketatlah pasar bearish dapat dimanfaatkan.


Hari ini berkaitannya dengan reboundnya harga minyak maka kemungkinan saham-saham yang terkait dengan energi akan naik dan sebaliknya saham financial atau yang terkait dengannya kemungkinan akan tertekan. Walaupun demikian pasarlah yang selalu benar meskipun dengan adanya pernyataan tersebut kita harus tetap melakukan perkiraan sebagai dasar perencanaan tindakan kita. Melakukan tindakan tanpa perencanaan bukanlah tindakan yang bijaksana

ER – From J-Club Desk

Tidak ada komentar: