Jumat, 29 Agustus 2008

Meninjau Sektor Komoditas dan Keuangan

Akibat perjalanan ke Bandung dan dilanjutkan rapat hingga larut malam, ulasan sore menjadi ulasan tengah malam. IHSG sore tadi seperti diperkirakan naik 0,65%. Sektor komoditas (agri & mining) mengalami peningkatan sekitar 1,23% & 1,33%. Sektor keuangan sesi pagi menanjak tinggi, lalu sesi kedua terjadi aksi profit taking. Menit-menit terakhir juga menegangkan, harga diturunkan lalu dinaikkan dan kemudian dijatuhkan sehingga turun sangat tipis 0,04%. Dalam konteks ini, benarlah ungkapan "trading is the name of the game". Siapa yang pengen untungnya banyak dan menggenggam terlalu lama justru beresiko rugi akibat kehilangan momentum.

Sektor komoditas (dalam hal ini mining) dan sektor keuangan adalah dua sektor yang sering bertolak belakang akhir-akhir ini. Lihat gambar, terlihat sangat kentara mulai pertengahan Juni kedua sektor itu mempunyai arah saling kebalikan. Memang ada pengecualian (nyaris seperti hari ini), namun agak jarang. IHSG pun terlihat searah dengan pergerakan sektor komoditas yang merupakan penggerak utama indeks. Menyadari dua arah yang berbeda itu, ini sebenarnya bisa dijadikan kesempatan untuk mengambil manfaat setiap hari.

Sampai sore tadi minyak yang terus naik membuat sentimen komoditas positif di IHSG, namun waktu tulisan ini ditulis (hampir jam 24) minyak turun ke $ 115 dan Dow naik 1,5% akibat laju pertumbuhan ekonomi Amerika yang tinggi serta penurunan pengangguran. Apa yang terjadi besok, mari kita lihat perkembangan berita dan mencermati pola chart dan candlestick. Sayang, pagi besok tidak bisa membuat ulasan karena rapat pagi-pagi jam 7.

Tidak ada komentar: