Rabu, 27 Agustus 2008

Selamat pagi

Supaya terlihat perkembangannya maka ulasan dibikin bersambung. Jika ulasan pagi maka akan tercantum ulasan sore sebelumnya dan jika ulasan sore akan tercantum ulasan pagi sebelumnya. Agar lebih jelas terlihat bagaimana perkembangan terjadi dan menghindarkan pengulangan ulasan yang akhirnya membosankan pembacanya.

Pada waktu sesi penutupan IHSG sore kemarin harga minyak berada di kisaran USD113/barel dan pada pembukaan pagi ini harga minyak berada dikisaran USD/115 per barel. Seperti biasanya dikurun waktu diantaranya harga berfluktuasi dan sempat menyentuh USD116/barel. Sementara itu tadi malam sampai pagi DOW bergerak mix yang akhirnya ditutup menguat tipis. Ulasan CNBC sempat mengatakan bahwa DOW telah kembali lagi dari teritori bullish ke teritori bearish karena penurunan yang sangat signifikan kemarin. Seperti biasanya angoin topan dibikin kambing hitam penyebab kenaikan harga minyak. Jadi kalau mau mengantisipasi harga minyak kemana, tanya saja ke bagian ramalan cuaca di Amerika. Ada berita yang tidak enak yaitu Om Bern yang lagi pusing tujuh keliling sedang berfikir-fikir untuk menaikan suku bunga

Silakan perkirakan kemana IHSG akan bergerak dengan naik turunya harga minyak dan berita-berita lainnya tadi malam. Demikian juga kemana sector-sektor energi serta financial akan bergerak.

Bukti bahwa berita-berita kinerja keuangan serta corporate action mempengaruhi harga dapat terlihat kemarin. PGAS meskipun tipis ditengah market yang turun dia naik karena kinerja Semester I/2008 yang jauh meningkat dari periode yang sama tahun sebelumnya sedangkan BTEL naik cukup besar karena berita M&A antara BTEL dan FREN. Oleh karenanya rajin-rajinlah cari beirita. Bisa saja malas cari berita tapi harus diimbangi dengan penguasaan TA dengan keyakinan bahw TA telah merefleksikan segalanya termasuk berita-berita yang ada.

I told you several times. The name of the game is still trading. Dan penguasaan teknik-tekniknya seperti teknik swing trading atau riding the waves sangat diperlukan. Dengan menguasai teknik-teknik ini maka kita tidak usah repot-repot memperkirakan dalam jangka menengah atau panjang harga atau index akan bergerak kemana. Cukup memperhatikan gelombang-gelombang jangka pendeknya saja. Buatlah baik waktu bullish atau bearish atupun sideways kesempatan selalu terbuka.

Investor? Mari kita sabar menunggu.

ER – From J-Club Desk

Tidak ada komentar: