Jumat, 22 Agustus 2008

Selamat sore: pertarungan Bank dan Energi

Nampak lagi bagimana pengaruh harga minyak terhadap pertarungan bank dan energi. Hari ini bank tertekan dan energi marak karena harga minyak naik. Fenomena ini mempermudah pengambilan keputusan trading yang didasarkan kepada pergerakan harga minyak.

Harga minyak dipengaruhi oleh apa? Saat ini bukan dipengaruhi oleh pertarungan antara supply dan demand melainkan bagaimana supply dipermainkan untuk menaik-turunkan harga minyak. Isunya gampang. Bilang saja topan mau datang atau tidak jadi datang, pipa minyak pecah atau terbakar, kilang minyak diserang militant, pertentangan Iran dan Israel menghangat, pertentangan Rusia dengan Georgia dan banyak lagi. Rupanya memperhatikan isu-isu semacam ini lebih dominant dari menganalisa pakai TA.

Sesuai dengan ulasan pagi timah dan nikel kemungkinan naik Dan apa yang terjadi? Harga TINS terbang dan INCO serta ANTM naik.

So far ulasan perkiraan ulasan selama ini tidak jauh-jauh amat dari kenyataan. Bukan sulap bukan sihir melainkan hanya melihat pengalaman akhir akhir ini. Dan siapapun pasti bisa melakukannya asal rajin mengamati

Dukun mahir meramal karena dia rajin mengamati, rajin ngerjain PR dan banyak rajin-rajin lainnya yang dia lakukan. Dukun yang malas ramalannya banyk meleset atau kalu toch benar hanya kebetulan.

Sampai besok pagi.

ER – From J-Club Desk

Tidak ada komentar: