Selasa, 24 Februari 2009

Berselancar saja.

Selamat pagi.

Selama hampir 3 bulan IHSG bergerak sideways ditengah DOW yang terus turun. Apakah IHSG akan bertahan? Tadi pagi DOW ditutup minus 3,41% ditengah kekhawatiran bahwa resesi akan berlangsung lebih dalam lagi.

Dalam masa seperti saat ini bagi kita yang masih ingin berkiprah dan berusaha di pasar modal, perlu kiranya memperhatikan hal-hal yang berikut ini:

* Kesmpatan keuntungan dapat diperoleh dalam setiap kondisi pasar baik dalam keadaan bullish, bearish maupun dalam keadaan sideways. Peluang dapat diberikan oleh saham-saham yang likwid dengan trading range yang lebar (volatile).
* Trading tidak untuk semua orang akan tetapi hanya bagi mereka-mereka yang menyiapkan diri dengan ilmu-ilmunya dan memiliki waktu serta disiplin untuk melakukannya.
* Bertambah pendek rentang waktu tradingnya maka bertambah besar sifat "zero sum game" nya yaitu bila ada yang menang pasti akan ada yang kalah.
* Hanya sebagian kecil dari aset kita yang boleh dipegunakan untuk trading. Untuk menambah nilai transaksinya para spekulator yang berpengalaman menggunakan margin akan tetapi sangat tidak disarankan bagi yang tidak menguasai ilmu-ilmu trading. Margin dapat meningkatkan keuntungan akan tetapi sebaliknya secara cepat bisa membawa para trader yang tidak memiliki ilmu dan pengalaman kedalam kebangkrutan dan bukan tidak mungkin dililit oleh hutang.
* Jangan sekali-kali menggunakan dana yang diperuntukan untuk keperluan sandang, pangan, papan, pendidikan dan kesehatan keluarga apalagi menggunakan dana pinjaman. Trading hanya dapat dilakukan dengan dana yang tersisa dari keperluan-keperluan tersebut.
* Ingin cepat untung dan ingin cepat kaya akan membawa kearah kebangkrutan lebih cepat.
* Musuh besar para trader adalah dirinya sendiri. Setinggi-tingginya ilmu ynag dimiliki, ilmu tersebut akan terhapus oleh ketidak mampuan untuk mengendalikan emosi serta ketidak mampuan menjalankan disiplin trading

Kemana IHSG akan pergi? EGP. Trader tidak peduli kemana IHSG akan pergi. Para trader dengan sabar akan mengikuti gerakan-gerakan saham yang berada didalamnya dengann keahlian berselancar yang dia miliki. Anggota milis dalam beberapa minggu terakhir ada yang meraup keuntungan 60-100% dari saham yang dibelinya akan tetapi ada juga yang sebaliknya.

Cari saham-saham yang likwid dan volatile. Ikuti gerakannya. Gunakan ilmu serta disiplinnya. Jang terjun kekolam renang jika tidak bisa berenang apalagi terjun kelaut yang banyak ikan hiunya. Trader yang berhasil adalah para perenang ulung yang dapat berenang ditengah-tengah ikan hiu tanpa disantap hidup-hidup oleh ikan hiu tersebut.

Happy Trading

ER

Tidak ada komentar: