Kamis, 19 Februari 2009

Siapa yg beraksi pada waktu bearish?

Selamat pagi.



IHSG dalam jangka pendek sideways, dalam jangka menengah dan panjang sangat bearish. Mengapa masih ada yang naik? Pasti ada tapi sifatnya lebih kea rah spekulatif.

Ada lagi yang harus diperhatikan yaitu bahwa pada waktu bearish biasanya “penny stocks” (saham-saham kacangan) atau “third liners” lah yang beraksi. Coba perhatikan benar-benar. Sebabnya adalah logis karena saham-saham murah lebih mudah dipermainkan dengan tidak memerlukan dana yang besar sehingga dapat dipakai untuk permainan jebak menjebak. IHSG kemarin naik akan tetapi coba perhatikan saham-saham mana yang lebih banyak beraksi. ER dan Vibby kemarin ngobrol-ngobrol sambil cuci mata di Club House Suwarna. Tidak seperti biasanya, Vibby bolak balik tilpon ke kantornya apakah saham ELTY dan UNSP nya sudah terjual atau belum. Lihat saja harga saham-saham tersebut. Tapi yang bikin gembira ternyata Vibby menjualnya untuk take profit.

DOW tadi pagi ditutup hijau (bukan rebound). Kenaikan hanya sepersekian persen dibandingak turun lebih dari 3% sehari sebelumnya dan itulah sifat pasar bearish bahwa kenaikan selalu lebih kecil dari penurunan. CNBC tadi pagi mengatakan bahwa DOW penurunannya hampir mencapai 50% dari titik tertinggi yang pernah dicapainya.

Stimulus di Amerika pelaksanaannya mulai bergulir akan tetapi masih terlalu dini untuk mengharapkan hasil positifnya. Jadi trading saja dulu.

Hati-hati bermain penny stocks. Kenaikan Rp7 saja bisa mendapatkan cuan 10% akan tetapi jika sebaliknya maka bisa juga dengan cepat rugi 10%.



ER

Tidak ada komentar: