Jumat, 06 Februari 2009

Short saham sendiri?

Selamat sore

Berandai-andai kita warga nyangkuters BUMI di harga 3000 sebanyak 500 lot. Berapa lama menunggu dari harga saat ini disekitar 500 untuk kembali ke 3000? Tentu akan lama sekali.

Mulai kemarin dan hari ini BUMI telah naik sekitar 30%. Tidak bijaksana jika kita menunggu terus BUMI bergerak naik lagi dengan do nothing. Apakah tidak lebih bijaksana misalnya jika kenaikan telah mencapai 50% sebaiknya kita menjualnya (istilah kita ngeshort saham sendiri) sebagian dari saham (misalnya 200 lot) atau seluruhnya terlebih dahulu? Sudah dapat dipastikan jika harga telah naik sekian hari berturut-turut dengan persentase demikian tingginya pasti akan ada yang take profit. Tidak semua seperti kita membeli BUMI di harga 3000. Ada diantara mereka yang membeli diharga 500 malah dibawah itu. Apakah diantara mereka tidak ada yang bernafsu untuk profit taking jika harga telah naik misalnya dari 500 ke 750? Jika saham mereka profit taking sudah pasti akan ada guyuran dan harga BUMI akan turun kembali. Nah jika harga BUMI dijual sampai terjadi oversold maka disitulah kita melakukan "cover short" atau buy back 200 lot saham yang kita jual. Dengan demikian kita akan kembali memiliki 500 lot BUMI beserta mendapatkan keuntungan dari ngeshort saham sendiri.

Dengan melakukannya berulang-ulang maka ada kemungkinan kerugian yang kita derita sebagai warga nyangkuters selama ini akan terhapus tanpa harus menunggu harga kembali ke 3000.

Tips:

* Short. Perhatikan telah berapa hari atau berapa persen harga naik berturut-turut. Perhatikan apakah body candlenya tambah lama tambah kecil. Cermati apakah terjadi pola Candlesticks Top Reversal. Perhatikan apakan saham overbought dan Stochastik menunjukan signal to sell.
* Cover short atau buy back. Lakukan pengamatan kebalikan dari kriteria short.

Ingat "Big Picture" masih bearish. Pada waktu bearish rally lebih pendek dari koreksi.

Bagi yang belum memiliki jangan sampai kita menjadi Oneng dengan membeli di harga tinggi hanya untuk bengong leesokan harinya kena guyuran.

ER

Tidak ada komentar: