Rabu, 11 Februari 2009

Perlunya melihat situasi

Selamat pagi

Kemarin sore di posting email dengan subjek "Berita yg bikin malas ngambil posisi nginap" yang isinya seperti berikut “Feb. 10 (Bloomberg) -- Stocks in Europe and Asia dropped and U.S. index futures retreated as President Barack Obama said the world's largest economy faces a "full-blown crisis.". Bayangkan jika trader mengambil posisi kemarin sore. DOW tadi pagi dilanda tsunami yang kira-kira pengaruh gelombangnya akan terasa diseluruh dunia. Apakah ada pasar dunia lain yang berani melakukan anomaly terhadap posisi DOW yang demikian? Dan kalau kita bicara lagi tentang kotak yang menarik di DOW, maka garis dasar kotak tersebut telah ditembus dan yang perlu disimak lagi ialah bahwa ia telah menembus kembali batas psikologis 8000 dan memasuki area 7000. Silahkan interpretasikan kelanjutannya.

Walaupun demikian janganlah menyerahkan diri pada nasib. Para nyangkuters di BUMI misalnya yang telah berhasil melakukan short diatas 780 kemungkinan akan ada kesempatan "cover short" atau "buy back " diharga yang lebih rendah dan hal semacam ini dapat dilakukan terus-menerus sampai pada suatu waktu hasilnya dapat menutup kerugian tanpa BUMI harus kembali ke harga semula. Kuasai saja ilmu untuk melakukannya. Jika dipelajari ilmunya cukup sederhana. Kuncinya adalah kata-kata mutiara berikut ini:’Kesulitan akan kita bisa atasi jika kita tahu cara-cara untuk mengatasinya”. Tuhan memberikan manusia sebagi mahluk paling mulia didunia akal untuk mengatasi semua problema yang dihadapinya. Tergantung kepada manusianya apakah dia bisa menggunakan akal tersebut atau tidak.

Mari kita tetap mengambil sisi positifnya. Turunnya DOW atau IHSG akan merupakan kesempatan untuk mengambil saham-saham diharga yang lebih rendah asalkan jangan asal ambil. Tunggu tanda-tandanya karena jika memakai tanda-tanda tersebut resikonya akan sangat minimal. Dan melakukan trading adalah cara untuk memanfaatkannya.

Saran: Lihat situasi sebelum bertindak atau mengambil posisi.

Akhir kata, silahkan perhatikan lagi gambar kotak DOW yang berada didasar grafiknya. Kita lihat apakah sempat terjadi Double TOP? Jika memang terjadi dengan ditambah dengan kehawatiran yang selalu dikemukan Obama akhir-akhir ini, maka target kebawahnya adalah panjangnya sisi vertical dari kotak yang ada (disclaimer on) dan mudah-mudahan itu tidak akan menjadi kenyataan meskipun jika benar-benar terjadi bagi trader bukanlah masalah.

ER

Tidak ada komentar: