Rabu, 04 Februari 2009

Sampai kapankah IHSG akan begini?

Selamat pagi

Akankah resesi melanda negara kita? Diantara jawabannya adalah seberapa besar kekuatan domestik ekonomi kita dan seberapa banyak ketergantungan kita kepada ekspor kenegara-negara adidaya ekonomi yang saat ini sedang dilanda resesi. Kita bisa mengatakan bahwa jumlah penduduk Indonesia yang merupakan salah satu terbesar merupakan kekuatan tersendiri. Kita bisa mengatakan bahwa sektor finansial kita kuat tidak seperti apa yang sedang dialami oleh negara-negara maju pada saat ini. Kita juga bisa mengatakan bahwa eksposur ekspor kita hanya merupakan sebagian kecil dari GDP kita. Lalu resesi selalu dikaitkan dengan pertumbuhan ekonomi yang negatif. Pemerintah kita mentargetkan pertumbuhan kita tahun 2009 masih positif berarti resesi belum akan ada. Selanjutnya meskipun negara kita secara definisi belum dilanda resesi, pemerintah telah berjaga-jaga dengan mengeluarkan paket-paket stimulus. Hargak minya yang turun terus membuat industri yang tergantung kepada bahan bakar bernafas lega. Alhasil dengan melihat ini semua rasanya kemungkinan besar negara kita tidak akan terpuruk seperti halnya sepuluh tahun yang lalu.

Akan tetapi ada yang penting lagi yang harus kita perhatikan terutama bagi kita yang berbisnis di pasar modal yaitu dampak dari resesi di negara-negara lain terhadap pasar modal kita. Banyak emiten-emiten kita yang bekapitalisasi besar seperti emiten-emiten yang bergerak didalam sektor yang berbasis komoditi, garment dan yang berbasis ekspor lainnya sangat terpengaruh oleh resesi global yang terjadi saat ini. Jika emiten-emiten yang berkapitalisasi besar, maka tentu saja IHSG pun akan terpengaruh dan jika IHSG sebagai gelombang besar terpengaruh maka tentu saja akan menyeret saham-saham lain yang berada didalamnya. Hal yang lain yang harus kita fikirkan adalah bahwa pasar modal sangat sensitif terhadap keadaan-keadaan sekitar. DOW misalnya akan sangat berpengaruh terhadap index-index lainnya didunia.

Selanjutnya bayak para pemodal asing yang menindahkan dana kenegaranya masing-masing untuk mengatasi kemelut disana. Pemindahan dana berarti menjual dan menjual berarti supply bertambah dan supply bertambah berarti harga akan turun.

Jadi sampai kapankah IHSG akan begini terus? Sekuat-kuatnya fundamental negara kita maka rasanya dapat dipastikan selama Obama, Gordon Brown atau para samurai Jepang serta turunan Hitler dan Napoleon belum berhasil mengatasi kemelut ekonomi di negara-negara masing-masing maka selama itu pulalah keadaan IHSG akan begini.

Kita doakan saja mereka terutama Obama segera berhasil.

ER

Tidak ada komentar: