Jumat, 06 Februari 2009

Ujian

elamat pagi

Ujian bagi Obama. Seratus hari pertama dari sebuah kepemimpinan adalah sangat penting. Gagal di seratus hari pertama akan merupakan indikator untuk masa-masa berikutnya. Tiga minggu pertama Obama mengalami ujian. Partai Republik sebagai oposisi selalu menentang program penggunaan sitimulus Obama. Selama ini isu stimulus bekutet disitu-situ saja. Obama kehilangan momentum di minggu-minggu pertama dari seratus harinya.

Bagi kita yang berusaha di pasar modal tentu saja program stimulus di Amerika akan mempengaruhi pasar modal Amerika yang merupakan panutan dari pasar-pasar modal lainnya di dunia termasuk di Indonesia.

BBC kemarin malam memberitakan bahwa pemerintah Indonesia melalui mBak Sri mengatakan bahwa target pertumbuhan ekonomi Indonesia diturunkan dari 5% manjadi 4.7%. Tentu saja berita ini juga akan berpengaruh negatif terhadap pasar modal.

Tadi malam DOW naik.Akan tetapi kenaikan tersebut hanyalah akan menjadi bagian dari fluktuasi dari gerakan sideways yang dimanfaatkan oleh para trader profesional. Selama induknya sideways selama itu pula gerakan pasar-pasar lainnya termasuk IHSG akan sideways. Dan semua ini hanya dapat dimanfaatkan oleh para trader.

Bagi para investor harus diketahui bahwa pertumbuhan perusahaan-perusahaan dimasa mendatang akan mempengaruhi valuasi. Revisi dari GDP akan sangat mempengaruhi pertumbuhan industri yang tentunya pertumbuhannya akan terpengaruh oleh pertumbuhan GDP. Jadi bijak-bijak saja dalam melakukan valuasi. Ingat bahwa valuasi perhitungannya banyak yang merupakan asumsi dan asumsi seorang analis bisa berbeda dengan analis lainnya. Oleh karenanya juga jika kita perhatikan bahwa setiap waktu bisa saja para analis merubah angka-angka valuasinya karena asumsinya berubah. Jika tiga bulan sebelumnya valuasi saham A dia hitung 1000 maka dengan asumsi yang baru karena adanya perubahan-perubahan indikator tertentu bisa saja angka 100 tersebut dia naikan atuu dia turunkan.

ER

Tidak ada komentar: