Selasa, 10 Februari 2009

Tentang FA dan TA - Ciuman yang lain.

Selamat pagi



Sebagai investor kita mengharapkan IHSG naik bukan? IHSG naik hanya akan didorong oleh emiten-emiten yang berkinerja baik. Oleh karenanya untuk meyakinkan kita bahwa IHSG akan kembali bullish maka kita harus bersabar menunggu laporan kinerja emiten Triwulan IV/2008 dan kinerja I/2009 dikeluarkan. Smart Money dapat saja lebih dahulu memiliki informasi triwulan IV/2008 karena mereka memiliki keahlian unuk mendapatkan akses informasi kedalam perusahaan (insider trading) untuk mencari “rumors” sehingga mereka dapat melakukan tindakan lebih dahulu dari yang lainnya dan biasanya diikuti oleh perubahan-perubahan harga yang terjadi pada saham-saham emiten tertentu. Akan tetapi sebagaimana layaknya IHSG yang bergerak sideways, kebayakan saham-sahampun bergerak sideways. Dari sini kita dapat mengetahui bagaimana kira-kira kinerja Triwulan IV/2008 para emiten. Sustainable bullish hanya bisa muncul jika ada sustainable growth dari kinerja perusahaan didalam keadaan lingkungan dengan sustainable growing. Institusi (bandar) atau para smart money hanya akan menarik harga keatas dari perusahaan-perusahaan yang memiliki pertumbuhan yang baik.

Berbeda dengan investasi, didalam trading harga dapat dinaikan atau diturunkan mau-maunya bandar karena mereka memiliki resources yaitu dana yang besar untuk melakukannya. Jangankan perusahaan yang bagus, perusahaan kacanganpun mereka “mainkan”untuk kepentingan mereka. Mereka tahu bahwa dalam masa sideways mereka tidak akan memperoleh apapun jika melakukan investasi sedangkan mereka harus tetap hidup. Maka mereka “mainkan” pasar dengan maksud mencari kesempatan dari kelengahan trader-trader lainnya (yang jumlah nya 85%).

Tentunya kita tidak ingin menjadi bagian golongan yang 85% yaitu golongan trader yang sesat yang ingkar terhadap aturan-aturan yang ada dalam “kitab” para trader. Kita ingin menjadi golongan yang 15% yang secara disiplin mengikuti aturan-aturan trading yang ada mengenai pengambilan posisi entry, posisi exit menggunakan stop loss, auturan tentang pengambilan posisi, bagaimana cara mengelola modal serta disiplin-disiplin lainnya serta dapat menggunakan alat (TA) yang dapat membantu untuk melakukan trading. Memang benar bahwa pasar dikuasai para “Bandar”. Akan tetapi jika dapat menguasai “kitab” para trader setidak-tidaknya meskipun terlambat kita masih tetap dapat mengikuti jejak-jejak mereka dan ikut menikmati cuan yang mereka peroleh dan bukan dengan melawan mereka.

Lihat saja gambar IHSG dibawah ini. Kenaikan telah terjadi selama 3 hari berturut-turut. Didalam masa bearish, “kitab” trader mengatakan jika telah sekian hari berutrut-turut atau setelah kenaikan yang cukup besar maka ambilah posisi short (percaya atau tidak, kadang-kadang kita tidak usah melihat indicator-indikator lainnya untuk mengambil keputusan semacam ini). Sederhana bukan? Aturan tersebut bukan berlaku pada IHSG saja melainkan juga bagi saham-saham yang berada didalamnya.

Hari kemarin baik IHSG dan saham-saham yang berada didalamnya banyak yang memiliki pola-pola pembalikan dari short term uptrend (diantaranya Candlesticks Top Reversal) . Jadi seharusnyalah kita tahu sebaiknya tindakan apa yang harus kita lakukan. Walupun demikian harus tetap dicamkan bahwa “the market is always right” sehingga bisa saja yang terjadi kebalikan dari apa yang kita perkirakan. Oleh karenanya apapun ulasan kita, jika ulasan tersebut tentang pasar modal maka “disclaimer always on”.

Jangan menyulitkan diri sendiri jika sesuatu dapat dilakukan dengan mudah. Keep it simple son!!! (KISS)



ER

Tidak ada komentar: