Rabu, 18 Februari 2009

Binalnya pasar memberikan peluang

Selamat pagi

Obama boleh berusaha terus demikian juga mBak Sri tepapi pasar tetap berjalan mau-maunya sendiri. Pasar terdiri dari jutaan orang yang hanya memiliki tiga sifat yaitu sifat banteng, beruang dan EGP alias sideways. Dan saat ini yang memiliki sifat beruang nampaknya lebih dominan.

Jika ulasan pagi kemarin mengatakan bahwa IHSG akan linglung karena tidak memilik acuan karena Amerika libur dan ternyata siangnya memang IHSG linglung. Apakah hari ini akan linglung lagi? Bukan karena tidak ada acuan melainkan yang diacunya lagi linglung. DOW anjlok ditengah usaha-usaha Obama mengeluarkan sitimulus demi stimulus yang telah disetujui DPR. Tapi Obama sendiri bilang bahwa hasilnya tidak akan instan. Akan memakan waktu cukup lama untuk membuat ekonomi pulih meskipun stimulus telah dikeluarkan.

Hampir dapat dipastikan bahwa pasar-pasar lain didunia akan terpengaruh oleh kinerja DOW tadi malam. Walaupun demikian ketiga sifat pasar akan tetap muncul baik sifat banteng, beruang ataupun sifat EGP. Pada hari ini sifat kan ditunjukan oleh siapa yang akan jadi contrarian (berani tampil beda), sifat herd (si pengekor) atau sifat yang tetap acu alias stay away. Dan biasanya yang berani tampil beda akan menjadi pemenang.

Yang berani tampil beda adalah mereka-mereka yang mengambil posisi beli pada waktu kebanyakan orang berfikiran menjual atau mengambil posisi jual pada waktu kebanyakan orang berfikir untuk membeli. Tapi tentu saja mereka tidak asal bertindak karena mereka bertindak berdasarkan ilmu serta pengalaman yang mereka memiliki.

Tips: Lihat saham-saham yang sudah sekian hari berturut-turut naik atau turun (bukan sideways) atau naik/turun dengan persentase yang tinggi. Perhatikan volumenya. Dengan kata lain perhatikan likwiditas dan volatilitasnya. Alangkah baiknya jika memiliki pola-pola Top/Bottom Reversal ya ditinjukan oleh Stockastic dan Candlesticks. Semua ini pernah kita pelajari didalam Kursus Two in One (Swing Trading dan Advance Candlesticks).

Happy Trading

ER

Tidak ada komentar: