Selasa, 03 Februari 2009

Pengaruh DOW

Selamat pagi



Tak dapat disangkal bahwa DOW selalu mempengaruhi pergerakan index global lainnya termasuk IHSG. Akhir minggu lalu ulasan menyinggung ada kotak yang menarik di DOW. Titik-titik a, b, c dan d yang berhubungan dengan kotak tersebut yang penting untuk diamati. Secara TA kotak tersebut membentuk rectangle dengan titi-titik yang ada merupakan target-target yang ada baik target atas maupun target bawah.

Secara visual DOW masih dalam keadaan konsolidasi dengan trading range yang cukup lebar. Keadaa kosolidasi ini juga diikuti oleh IHSG akan tetapi dengan trading range yang sempit.

Kehawatiran tentang akan berkepanjangannya resesi terus memberikan pengaruh yang negative terhadap pasar beberapa hari terakhir ini yang menyebabkan index selalu bergerak dalam teritori negative.

Yang menarik untuk disimak adalah pernyataan pemerintah bahwa dalam Januari 2009 negara kita mengalami deflasi. Pemerintah mengatakan bahwa deflasi disebabkan oleh penurunan harga minyak yang menyebabkan biaya transportasi turun yang diikuti oleh turunnya harga-harga bahan pokok sementara daya beli masayarakat naik akan tetapi sebaliknya the people on the street dan para pengamat mengatakan bahwa deflasi terjadi karena daya beli yang menurun. Rasanya kita lebih percaya kepada pendapatan kebanyakan orang .

Yang jelas sebaiknya menghindar dahulu dari market. Tradingpun hanya bagi mereka-merka yang telah menggantungkan hidupnya dari usaha ini yang memang telah menguasai ilmu-ilmunya dan memiliki disiplin dengan baik sehingga dapat memanfaatkan trading range yang terjadi dalam masa konsolidasi ini.



ER

Tidak ada komentar: