Senin, 01 September 2008

Roller Coaster

Salam

Kita lihat gambar dibawah ini dimana DOW bergerak ala “roller coaster”. Minggu sore perusahaan-perusahaan minyak di Teluk Meksiko menghentikan operasi dengan datangnya topan Gustav.

Kita tidak dapat melepaskan diri dari gerakan DOW karena pengaruhnya yang begitu dominan terhadap pasar-pasar lainnya di dunia.

Jika kita melihat DOW nampak sekali bahwa dia sedang berkonsolidasi dengan “range” yang cukup lebar sehingga tetap memberikan peluang bagi yang ingin memanfaatkan gerakan-gerakannya asal saja memiliki taktik dan strategi yang tepat yang memang diperuntukan untuk gerakan kondisi pasar yang demikian.

Dihentikannya operasi perusahaan-perusahaan minyak di Teluk Meksiko sudah hampir pasti akan mengganggu pasokan minyak dan sebagai akibatnya kemungkinan harga minya akan naik lagi. Hari Sabtu dan Minggu pasar-pasar dunia tutup sehingga kita belum mengetahui sejauh mana harga minyak bergerak. Akan tetapi menurut catatan http://oil-price.net/ , harga minyak pada hari Minggu jam 1800 WIB tercatat USD 115.92 naik 0.4% dari hari sebelumnya.

IHSG akhir minggu kemarin ditutup menguat. Yang menarik adalah sector energi dan sector financial yang biasanya bergerak bertentangan pada akhir minggu bergerak searah. Kita melihat memang sektor financial secara teknikal nampaknya seperti akan berbalik arah dari bearish ke bullish seperti dapat terlihat pada daily chart maupun weekly chart.

Sementara itu bertentangan dengan IHSG, DOW akhir minggu kemarin ditutup turun cukup besar karena perlambanan “consumer spending”. Akankah hal ini mempengaruhi pergerakan IHSG diawal bulan puasa ini? Gerakan harga minyak nampaknya akan memberikan pengaruh terhadap pergerakan IHSG diawal minggu ini.

Hampir seluruh sector kecuali sector AGRI akhir-akhir ini menujukan adanya tanda-tanda recover dari bearish yang cukup dalam sebelumnya. Walaupun demikian nampaknya terlalu dini untuk dapat dikatakan bahwa bullish akan datang.

Tidak ada jalan lain, untuk mencari peluang caranya hanyalah “ lets get along with the waves”

Selamat menjalankan ibadah puasa bagi mereka-meraka yang menjalankannya.



ER – From J-Club Desk

Tidak ada komentar: