Selasa, 02 September 2008

Selamat pagi

Berikut ini kondisi umum IHSG serta index sektoral berdasarkan pengamatan visual dengan menggunakan kombinasi MA (5,20,60)

* IHSG secara long term masih dalam keadaan bearish. Secara shot term terdeteksi adanya Golden Cross antara MA5 dan MA20
* Index sektoral secara long term keseluruhan mengikuti IHSG . Demikian juga secara short term secara umum mengikuti IHSG kecuali sector financial serta sector telekomunikasi yang lebih bullish dari index-index sector lainnya. Sementara itu sektor AGRI nampaknya secara jangka pendek masih berkonsolidasi

Melihat i kondisi diatas maka taktik dan strategi yang layak dipakai saat ini nampaknya masih taktik-taktik dan strategi-strategi trading. Untuk masuk kearah investasi sebaiknya menunggu terlebih dahulu sampai secara long term kondisi mulai nampak konsolidatif serta awal bullish mulai muncul (secara teknikal dapat diketahui dengan mengamati grafik yang konsolidatif, dengan volume rata-rata yang mulai bergerak naik dan kombinasi MA)

Tadi malam DOW tutup karena Labor Day. Walaupun demikian dengan melemahnya kekuatan Topan Gustav harga minyak terus turun dan pada waktu ulasan ini dibuat harga berada disekitar USD111/barel, sementara berita berdasarkan berita CNBC tadi malam President OPEC Iran mengatakan bahwa pasokan minyak saat ini dalam keadaan “oversupply”, dan harga minyak sekitar USD100/barel sebagai kondisi yang dapat diterima.

Harga emas, nikel serta timah di pasar London seluruhnya menunjukan penurunan. Bursa timah di Kualumpur kemarin tutup karean perayaan Hari Kemerdekaan negara jiran tersebut.

Dalam keadaan yang sangat fluktuatif ini tidak seorangpun dapat menjamin keakuratan prediksi jadi kita sebaiknya secara bijak menyikapi apapun rekomendasi darimanapun datangnya rekomendasi tersebut dan sebaiknya pula mengandalkan pengambilan keputusan didasarkan kepada “judgment” dari diri sendiri dengan satu keyakinan bahwa dengan kiat-kiat serta disiplin tertentu, pasar modal masih tetap memberikan peluang untuk memperoleh keuantungan didalam segala kondis baik itu kondisi bearish, bullish maupun sideways.

IHSG akan bergerak kemana? Who cares. Ikuti saja gerakannya toch saat ini hanya trading yang cocok untuk “dimainkan” dan trading sangat cocok untuk dipakai dalam keadaan pasar yang fluktuatif. Trader adalah “bunglon” yang selalu menyesuaikan diri dengan keadaan di sekitarnya.

Happy Trading (maaf ER belum dapat mengatakan Happy Investing)

ER – From J-Club Desk

Tidak ada komentar: