Jumat, 05 September 2008

Selamat pagi

Kemarin IHSG turun tajam. Tadi pagi DOW turun lebih tajam lagi hampir 300 poin. Artinya pasar global memang sedang sangat bearish. Sesuatu yang sangat fundamental sedang terjadi terbukti bahwa meskipun harga minyak turun ternyata tidak menyebabkan kenaikan permintaan atau kenaikan harga pada sector-sektor lainnya. Harga minyak turun terjadi karena memang daya beli yang turun. Istilahnya meskipun harga turun ternyata tidak meneyebakan permintaan naik justru yang terjadi adalah permintaan turunnya lebih tinggi dari turunnya harga. Melemahnya daya beli menandakan suramnya ekonomi.

Masih adakah peluang? Jawabannya tetap bahwa peluang masih terbuka. Bukan hanya peluang melakukan short yang biasa terjadi pada waktu bearish akan tetapi juga untuk melakukan long atau pembelian. Hanya sifatnya saja yang lebih ekstrim. Kalau sebelumnya dikatakan bahwa "trading is the name of the game", maka keadaan saat ini statusnya menjadi lebih ekstrim lagi yaitu "intraday trading is the name of the game"

Dalam hitungan hari, kenaikan harga jika ada maka umurnya sangat pendek. Menahan barang lebih dari satu hari hanya akan merubah keuntungan serta merta menjadi kerugian. Walupun demikian bagi mereka-mereka yang memiliki waktu lebih banyak, memiliki ilmunya serta memiliki pengalaman maka mereka masih dapat memanfaatkan fluktuasi intraday. Banyak saham-saham yang memiliki intraday trading range yang cukup lebar. Sebutkan saja yang terjadi kemarin di AALI, UNSP atau TINS. Mendapatkan gain 5% pada hari tersebut bukan hal yang tidak mungkin dan para professional banyak yang melakukannya dengan hasil yang lumayan.



Bagi yang ingin mencari peluang jangka pendek atau sangat pendek, nampaknya sementara ini tidak usah repot-repot memperhatikan atau lebih ekstrim lagi lupakan saja mencari penyebab kenaikan atau penurunan harga melainkan konsentrasikan saja perhatiannya untuk memanfaatkan peluang darai adanya fluktuasi intraday. Lupakan harga minyak turun atau naik, ekonomi cerah atau suram, perhatikan saja gerakan harganya pada hari yang bersangkutan dengan disertai disiplin yang tinggi. Dalam situasi semacam ini maka TA serta psikologi trading merupaka senjata utama. Bicara tentang TA tentunya harus disesuiakan waktunya untuk waktu yang sangat pendek (intraday chart – kalau ada)

Luangkan waktu yang lebih banyak untuk memonitor serta kuasailah keterampilan-keterampilan serta disiplin permainan "Xtreme Game"

Maaf, bagi kita-kita yang ilmunya masih cetek sebaiknya "stay away from the market" saja dulu dari pada modal kita amblas dimakan para professional karena Etreme Game pada dasarnya adalah permainan "dog eats dog" atau pemainan kanibalisme dimana berlaku hukum "survival of the fittest"

ER – From J-Club Desk

Tidak ada komentar: