Senin, 22 September 2008

Selamat pagi:Sudah waktunyakah melakukan investasi?

Sudah waktunyakah untuk beriinvestasi? Banyak yang telah mencuri start semenjak seminggu yang lalu dengan pertimbangan bahwa market bottom telah terjadi dan banyak saham yang harganya telah murah.

Bagi yang masih bimbang, berikut ini beberapa masukan yang mungkin dapat dipakai sebagai bahan pertimbangan:


· Tindakan penyelamatan besar-besarandi Amerika tsedang terjadi. Bahkan para pengamat mengatakan bahwa apa yang dilakukan oleh Pemerintah Amerika Serikat merupakan penyelamatan yang terbesar sejak terjadinya Great Depression pada tahun 1930 han.

· Terjadi si malakama. Dengan tindakan penyelamatan ini Amerika akan menghadapi deficit anggaran yang sangat besar. Walaupun demikian bergulirnya perekonomian dianggap jauh lebih penting dibandingkan dengan resiko jika tindakan penyelamatan tidak dilaksanakan.

· Sebagian pengamat mulai mengatakan bahwa mungkin saat ini dapat dianggap sebagai market bottom. Sebagian lagi masih diliputi kebimbangan melihat tindakan-tindakan penyelamatan selama ini telah banyak dilakukan terutama didalam menghadapi akibat dai kasus sub prime mortgage akan tetapi ternyata dalam kenyataan market tetap anjlok.

· Masih harus dikaji lagi apakah krisis yang terjadi saat ini masih bukan merupakan puncak gunung es dimana masih banyak lagi masalah yang belum terkuak kepermukaan. Jika masih banyak masalah yang belum muncul kepermukaan maka juga dikhawatirkan bahwa tindakan penyelesaian saat ini meskipun secara-besar-besaran hanya akan merupakan tindakan sementara dan sifatnya tidak akan langgeng (sustainable).

· Lalu mengapa kita repot-repot mengulasa keadaan di Amerika padahal kita berada di Indonesia. Tiada lain karena pengaruh Amerika yang demikian besarnya terhadap kawasan-kawasan lainnya di dunia.

· Secara teknikal dari weekly chart baik secara visual maupun secara kombinasi garis moving average, IHSG masih berada dalam status bearish. Walaupun demikian dua oscillator RSI dan Stochastic baru saja keluar dari kondisi oversold. Demikian pula candlesticks pada weekly chart menunjukan tanda bottom reversal sehingga jika melihat kepada 3 tanda tersebut mencuri start pembelian nampaknya dapat dilakukan. Karena masih dalam keadaan bearish, maka tindakan pengamanan masih harus tetap dilakukan meskipun tidak seketat di trading. Silahkan lihat gambar dibawah sebagai alat bantu pengambilan keputusan

· Karena masih belum menentu bagi mereka-mereka yang telah memiliki ilmu ttg cara-cara atau strategi-strateginya maka sangat disarankan untuk dikelola sendiri sehigga jika terjadi sesuatu tindkana penyelamatan dapat cepat dilakukan

· Carilah saham-saham perusahaan bagus yang harganya masih murah. Harga murah secara sederhana dapat menggunakan rasio PBV atau PER.


Catatan: Posting ini sama sekali bukan merupakan rekomendasi untuk melakukan pembelian. Para pembaca posting harus benar-benar mengerti bahwa berinvestasi di pasar modal sangat beresiko dimana para pelakunya dapat kehilangan sebagaian atau bahkan seluruh modalnya. Walaupun demikian peluang keuntungan bbeusaha di pasar modal sangat tinggi selama para pelakunya faham tentang bagaimana menghindari resiko-resikonya.


Selamat berinvestasi. Invest your time before you invest your money. Lakukanlah PR nya sebelum berinvestasi.


ER- From J-Club Desk

Tidak ada komentar: