Rabu, 10 September 2008

Selamat pagi:Index naik atau turun?

Index naik atau turun? Mari kita lihat factor-faktor yang akan mempengaruhinya

· Faktor positif. Selama 5 hari terakhir perdagangan IHDG telah turun tajam. Secara psikologis banyak harga yang sifatnya “bargain”

· Faktor negative. Komoditi merupakan salah satu motor penggerak IHSG. Saham-saham komoditi yang ada di BEI sangat erat kaitannya dengan naik turunnya harga minyak. Harga minyak turun lagi yang memungkinkan saham-saham energy atau yang terkait harganya tertekan. Secara umum harga komoditi lainnya dunia saat ini sedang tertekan seperti halnya harga emas telah selalu bergerak dibawah harga USD 800 dan saat ini berada dikisaran USD770.

· Secara visual price chart nickel dan tin di LME sedikit pointing up

· Secara jangka pendek IHSG dapat saja bergerak anomaly terhadap index-index bursa lainnya didunia. Akan tetapi secara jangka panjang gerakan atau trend selalu searah dengan pergerakan bursa-bursa lainnya di dunia terutama DOW. DOW tadi turun dengan tajam sebesar 280 poin.

· Secara teknikal index berada di area oversold akan tetapi tidak ada satu indikatorpun yang menunjukan tanda-tanda reversal

Secara umum IHSG hari ini diperkirakan akan tetap bergerak secara fluktuatif. Kemana arah akhirnya hari ini? Tunggu saja jawabannya menjelang buka puasa nanti sore. Bagi yang tetap mau “meramal”, silahkan saja perhatikan faktoir-faktor yang patut diperhitungan seperti yang telah disebutkan diatas.

Dari RTI sebenarnya terlihat banyak laporan kinerja emiten yang bagus akan tetapi rupanya hal tersebut telah terefleksi harganya di pasar beberapa waktu yang lalu.(Ingat DOW Theory)



Arena hanya diperuntukan bagi para pemain “Extreme Game” dan bukan untuk para pemula. Demikian juga belum waktunya membeli untuk investasi.

Trade or invest safely. Simpan dulu modal di instrument-instrumen yang lebih aman sambil menunggu kesempatan baik. Mereka-mereka yang sudah tidak memiliki posisi dan telah lama meninggalkan arena pastilah saat ini sedang mengharapkan index turun lagi bukan karena memiliki sifat opportunist melainkan karena dengan sadar segera lari dari keadaan yan beresiko dan dengan sabar menunggu kesempatan tiba kembali. Kesabaran adalah salah satu sifat utama yang harus dimiliki oleh trader maupun investor.

J-Club mnegamati bahwa Galleries sepi ditinggalkan para trader yang sadar bahwa saatnya stay away dulu dan juga ditinggalkan oleh mereka-mereka yang modalnya habis karena belum pandai menghindarkan resiko.

ER – From J-Club Desk

Tidak ada komentar: