Jumat, 12 September 2008

Selamat pagi.

Pada waktu bullish peluang lebih banyak difihak kita, pada waktu bearish peluang lebih banyak tidak berfihak kepada kita. Oleh karenanya mencari rezeki pada waktu bearish jauh lebih sukar walaupun bukan berarti pada waktu bullis mencari rezeki mudah.

Hanya 15% dari mereka-mereka yang mencoba mengadu nasib menjadi trader yang selamat. 85% hilang dari peredaran. Bukan menakut-nakuti. Fakta ini hanya ingin menekankan bahwa trading bukanlah untuk main-main. Fakta ini menunjukan hasil penelitian di Amerika, Korea, Jepang, dan Australia. Oleh karenany kita harus berfikiran dengan matang sebelum kita terjun ke dunia usaha yang penuh dengan resiko ini. Tapi kita adalah manusia. Yang Maha Kuasa memberikan kemampuan lebih kepada kita manusia dibandingan kepada mahluk-mahluk lainnya didunia. Trading memang beresiko akan tetapi bagi mereka yang serius, tekun, memiliki disiplin, sabar, tidak emosional, maka mereka-mereka ini dapat mengurangi resiko-resiko yang ada. Ingat istilah high risk high reward. Dengan akal dan fikiran yang diberikan kepada kita maka kita tentunya daoat merubah istilah tersebut menjadi low risk high reward. Betapun tinggi resikonya, trading tetap memberikan peluang yang sangat menjanjikan.

DOW malam dan pagi tadi naik 160 poin. Harga minyak dikisaran USD100/barel. Dolar menguat terus yang saat ini hampir mencapai Rp9500 per dolar demikian pula terhadap mata-mata uang lainnya didunia. Harga timah stagnan, nikel turun. Untuk apa informasi-informasi ini dicari? Ya untuk mengurangi resiko sehingga kita tidak ngawur didalam mengambil keputusan bertransaksi. Kaitkan dengan informasi-informasi tersebut sector mana yang akan naik dana sector mana yang akan turun termasuk saham-saham yang berada didalam sektor-sektor tersebut.

Terjadi penarikan modal besar-besaran ke Amerika dengan jatuhnya pasar-pasar saham dan komoditi diluar Amerika ditambah juga dengan penguatan dolar. Investor mengalihkan ladangnya ke Amerika.

Oleh karenanya, berhati-hatilah jika peluang tidak berada difihak kita meskipun kita mengenal istilah bullish make money, bearish make money atau sidewayspun make money. Kuasai senjata-senjatanya, ilmu-ilmunya serta tidak kalah pentingnya malah sangat penting yaitu disiplin-disiplinnya.

Investor? Silahkan menunggu dengan sabar. Peluang yang bertambah lama bertambah lebar karena sebenarnya masa bearish adalah masa dimana peluang bagi investor bertambah besar selama dia bersabar dan tidak tergesa-gesa mengambil keputusan.

Kemana IHSG bergerak siang ini? Ingat, telah 7 hari berturut-turut IHSG anjlok. Istilahnya masa iya sih dia turun terus. Tapi lihat saja kenyataannya jam 1600 sore nanti karena itulah yang benar.

ER – From J-Club Desk

Tidak ada komentar: