Selasa, 09 September 2008

Selamat pagi:Long tem atau shor term

Apa yang menggerakan harga dalam long term dan short term?


Telah kita pelajari bersama bahwa factor-faktor fundamentalah yang menggerakan harga atau pasar secara long term. Masa depan sebuah perusahaan akan sangat tergantung kepada perbandingan antara pertumbuhan supply dan demand, factor-faktor lingkunan yag mempengaruhinya, kualitas manajemen dalam mengelola produki mengelola pemasaran, mengelola keuangan serta menhadapi persaingan usaha yang dihadapinya. Semua ini dapat terlihat dalam ukuran-ukuran kinerja yang dikeluarkan dalam bentuk laporan oleh perusahaan-perusahaan tersebut baik yang bersifat historis maupun yang sifatnya perencanaan di masa mendatang.

Banyak pertanyaan terutama dari mereka-mereka yang sahamnya nyangkut. Bagaimana masa depan saham yang nyangkut yang dimilikinya. Untuk menjawabnya pertama-tama tentunya harus dilihat dengan motive apa pada waktu dia melakukan pembelian saham tersebut. Apaka sebagai investasi ataukah untuk tujuan trading. Jika untuk keperluan investasi, pertanyaan berikutnya yang harus dijawab adalah untuk jangka waktu berapa lam rentang waktu investasinya apakah dalam waktu 6 bulan, 1 tahun, 2 tahun 5 tahun ataukah dalam waktu jangka yang lebih lama lagi? Ada lagi pertanyaan yang harus dijawab. Apakah waktu mengadakan pembelian dengan maksud untuk investasi ybs telah melakukan penelitian perusahaan yang bagaiman yang sahamnya dia beli. Apakah telah dilakukan pekerjaaan rumah untuk meneliti kondisi perusahaan tersebut? Apakah perusahaannya perusahan bagus atau merupakan perusahaan kacangan?


Kajian ini nampaknya seperti rumit bagi yang bertanya tentang masa depannya yang nyangkut. Akan tetapi ulasan atau kajian semacam ini harus dibuat untuk dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan dimaksud. Banyak yang bertanya tentang sahamnya yang nyangkut dengan harapan bahwa jawabannya dapat dilakukan secara instan akan tetapi tidak seorangpun nampaknya yang dapat menjawab dengan secara cepat. Bagi mereka-mereka yang berbaik hati mau menjawabnya dengan seksama , maka tentunya dia harus berkorban karena dia harus mengorbankan waktunya serta tenaganya untuk dapat menjawab pertanyaan tersebut secara “benar”. Dan apakah ada orang yang mau berbaik hati semacam itu? Rasanya tidak atau kalau ada pastilah sedikit sekali.

Kesimpulannya adalah: Sangat sukar untuk dapat menjawab atau mendapatkan jawaban pertanyaan-pertanyaan tentang saham yang nyangkut.



Ulasan pagi inii pasti banyak yang menunggu. Untuk apa? Untuk membeli saham-saham apa saja yang memberikan peluang keuntungan pada hari ini atau hari-hari berikutnya. Kalau memang demikian, sangat keliru jika menunggu ulasan ini untuk mendapatkan rekomendasi saham-saham apa yang harus dibeli. Untuk membeli saham tidak bisa hanya dengan menunggu ulasan-ulasan semacam ini melainkan lebih banyak lagi perrsiapan-persiapan yang harus dilakukan dan persiapan-perisiapan ini hanya dapat dilaksanakan oleh yang melakukannya.

Selanjutnya inilah informasi untuk pagi hari ini: DOW ditutup hijau tebal naik 290 poin, harga minya USD105.90 yang kemungkinan tidak dapat menggerakan saham-saham energy, harga timah dan nikel di London sedikit pointing up dan sebagi ilustrasi bahwa pasar saat ini sangat fluktuatif maka regional yang kemarin ijo royo-royo, pagi ini regional dibuka dengan merah berdarah.

Para pemula sebaiknya lindungi modanya dengan sementara hanya membeli saja dulu saham-saham TBNG, DPST, ORI$ dan semacamnya. Sedangkan para professional pastilah sudah mengetahui apa yang harus mereka perbuat.

ER – From J-Club Desk

Tidak ada komentar: